Arti di Balik Lagu : The Police – Every Breath You Take

The_police_-_every_breath_you_take.jpg

Gw pernah denger salah satu temen gw cerita “Gw bakal masukin lagu Every Breath You Take di playlist pas nikah sama cewe gw sih.”

oh boy…

Dan ternyata banyak juga orang yang berpikiran bahwa lagu ini tuh salah satu lagu romantis sepanjang masa. Gak jaranglah jadi lagu untuk nikahan atau masuk playlist lagu ketika sedang jatuh cinta. Mungkin ini waktunya gw coba ceritain arti dari lagu ini kali yaa biar gak pada misintepretasi lagii.

Jadi sedikit info dari sting sang vokalis The Police bahwa lagu ini dibuat ketika masa perceraian dirinya dengan istri pertamanya yaitu Frances Tomelty. Awalnya Sting mau buat lagu yang romantis untuk mantan istrinya tersebut, eh ternyata pas selesai dibuat dia ngerasa kok ini lirik lagunya jd creepy ya? Yup, Every Breath You Take berubah makna menjadi lagu yang bercerita mengenai seseorang yang menjadi stalker orang yang sempat disayang itu.

Sting A
Buset, serem amat om tatapannya 😮

Tercengang? Coba deh kita liat liriknya lebih dalam ya:

Reff:

Every breath you take
Every move you make
Every bond you break
Every step you take
I’ll be watching you

nintchdbpict0002872212671.jpg
Source: The Sun

Nahh, terkesan seperti lirik yg romantis bukan? Tapi sebenernya ini adalah perspektif seorang mantan yang memantau sang mantan istri dari jauh, bahkan bisa mengetahui semua detail dari kehidupan si mantan tersebut. Woops creepy!

Every single day
Every word you say
Every game you play
Every night you stay
I’ll be watching you

Ini adalah kelanjutan lirik creepy yang sebelumnya, namun ini juga bisa mengindikasikan perspektif pemerintah yang selalu mengawasi detil pergerakan masyarakatnya salah satunya menggunakan cctv. Tiati makanya mau berlaku apapun, apalagi jaman digital sekarang pula kan.

Since you’ve gone I’ve been lost without a trace
I dream at night I can only see your face
I look around, but it’s you I can’t replace
I feel so cold and I long for your embrace
I keep crying baby, baby please

Keputusasaan? yess ini yang tercermin di bagian bridgenya. Sting benar-benar merasa tidak ada orang lain yang bisa menggantikan mantannya ini (ah bisa aja Sting, padahal abis itu udah nikah lagi dia sampe sekarang :D). Lirik ini cukup gelap sih, bener-bener sudah tahap obsesi dan merasa tidak ada orang lain yang dia sukai selain orang ini. wow.

Verdict:

giphy.gif

Nah setelah tau kalau lagu ini punya maksud lain, masih maukah kalian untuk masukin lagu ini di songlist pernikahan kalian? Gak papa juga sih, toh Sting dan The Police tetep sukses walaupun kebanyakan orang suka lagu ini karena salah kaprah merasa lagu ini romantis. Yang penting lagunya enak 😀

One Comment Add yours

  1. Ryna Safitri says:

    Kisah lagu Every Breath You Take ..

    Like

Leave a comment